ANALISIS TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL APLIKASI LINKAJA

Anggit Esti Irawati, Ehrmann Suhartono

Abstract


Potensi penggunaan e-money sangat besar dan menarik perhatian sebagai cara pembayaran alternatif di seluruh dunia. Pemerintah melalui Bank Indonesia menggerakkan masyarakat untuk melakukan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Namun, hanya lapisan masyarakat tertentu yang sudah terbiasa menggunakan transaksi dengan e-money. Sebagian masyarakat beranggapan bahwa transaksi pembayaran menggunakan e-money masih terdapat banyak kekurangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Technology Acceptance Model (TAM) yaitu perceived ease of use dan perceived usefulness, selain itu juga menambahkan perceived risk untuk mengetahui pengaruh terhadap attitude toward using dan actual use terhadap penggunaan aplikasi LinkAja. Metode analisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat analisis SmartPLS. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dan sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling terhadap responden yang menggunakan aplikasi LinkAja di seluruh Indonesia. Responden yang diperoleh sebanyak 200 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived ease of use dan perceived usefulness berpengaruh positif signifikan terhadap attitude toward using dan actual use. Perceived risk tidak berpengaruh signifikan terhadap actual use aplikasi LinkAja.


Keywords


actual use, attitude towrads using, perceived ease of use, perceived usefulness; perceived risk

Full Text:

PDF

References


Abhisek, & Hemchand, S. (2016). Adoption of Sensor-Based Communication for Mobile Marketing in India. Journal of Indian Business Research, 1(8), 65-76.

Afghani, M., & Yulianti , E. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Persepsi Risiko, serta Kesadaran Nasabah Terhadap Adopsi E-Banking di Bank BRI Surabaya. Journal of Business and Banking, 113-128.

Alalwan, A., Dwivedi, Y., & Rana, N. (2017). Factors Influencing Adoption of Mobile Banking by Jordanian Bank Customers: Extending UTAUT2 with Trust. International Journal of Information Management, 3(37), 99-110.

Chen, H., & Tseng, H. (2012). Factors that Influence Acceptance of Web-Based E-Learning System for The In-Service Education of Junior High School Teachers in Taiwan. Evaluation and Program Planning, 36, 398-406.

Davis, F. (1989). Perceived Usefulness, Perceived ease of Use, and Acceptance of Information System Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319-340.

Duarte, P., Silva, S., & Ferreira, M. (2018). How convenient is it? Delivering online shopping convenience to enhance customer perceived satisfaction and encourage e-. Journal of Retailing and Consumer Services, 44, 161 169.

Habsari Candraditya, I. (2013). Analisis Penggunaan Uang Elektronik (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Produk Flazz BCA di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Diponegoro Journal of Management, 2(3), 1-11.

Hansen, J., Saridakis, G., & Benson, V. (2018). Risk, Trust, and The Interaction of Perceived Ease of Use and Behavioral Control in Predicting Consumers Use of Social Media for Transactions. Computers in Human Behavior, 80, 197-206.

Jan, M., W de Jager, J., Ameziane, A., & Sultan, N. (2019). Appliying Technology Acceptance Model to Investigate the Use of Smartphone Advertising in Malaysia. Journal of Economics and Behavioral Studies , 11(1), 202-210.

Li ©bana-Cabanillas, F., S ¡nchez-Fern ¡ndez , J., & Mu ±oz-Leiva, F. (2014). Antecedents of the adoption of the new mobile payment systems: The moderating effect of age. Computers in Human Behavior, 35, 464 478.

Lin, J., & Chang, H. (2011). The Role of Technology Readiness in Self-Service Technology Acceptance. Managing Service Quality: An International Journal, 21(4), 424-444.

Mohammadi, H. (2015). Investigating users'perspectives on E-learning: An Integration of TAM and IS success model. Computers in Human Behavior, 45, 359-374.

Oentario, Y., Harianto, A., & Irawati , J. (2017). Pengaruh Usefulness, Ease of Use, Risk Terhadap Intention Buy Online Patisserie Melalui Consumer Attitude Berbasis Media Sosial di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran , 11(1).

Renny, Guritno, S., & Siringoringo, H. (2013). Perceived Usefulness, Ease of use, and Attitude Towards Online Shopping Usefulness Towards Online Airlines Ticket Purchase. Procedia - Social and Behavioral Sciences(81), 212-216.

Rosanti, N., & Mustafa, M. (2018). Faktor Keengganan Pengguna Jasa Tol Beralih Menggunakan E-Money. Patria Artha Management Journal, 2(1), 23-40.

Singh, N., Sinha, N., & Liebana-Cabanillas, F. (2020). Determining Factors in the Adoption and Recommmendation of Mobile Wallet Services in India: Analysis of the Effect of Innovativeness, Stress to Use, and Social Influence . International Journal of Information Management , 50, 191-205.

Suhir, Suyadi, I., & Riyadi. (2014). Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan dan Manfaat terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1).

Syahputra, B. E., & Urumsah, D. (2019). Deteksi Fraud Melalui Audit Pemerintahan Yang Efektif: Analisis Multigrup Gender dan Pengalaman. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 19(1), 31-42.

Syahril, W., & Rikumahu, B. (2019). Penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Analisis Minat Perilaku Penggunaan E-Money pada Mahasiswa Universitas Telkom. Jurnal Mitra Manajemen, 201-214.

Usman, R. (2017). Karakteristik Uang Elektronik Dalam Sistem Pembayaran. Jurnal Yuridika, 32(1).

Yani, E., Lestari , A., Amalia, H., & Puspita , A. (2018). Pengaruh Internet Banking Terhadap Minat Nasabah dalam Bertransaksi Dengan Technology Acceptance Model. Jurnal Informatika, 5(1), 34-42.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v13i3.2861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address :
Gedung O  Magister Management Program of Universitas Semarang.
Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari. Semarang, Jawa-Tengah,  Telp: 024-6702757; Fax: 024-6702272,  e_mail: jreb@usm.ac.id
 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.