Analisis Pengaruh Kompetensi, Sarana Pendukung Teknologi Informasi Dan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Terhadap Kinerja SDM

Sugiyanto Sugiyanto, Djoko Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, pemberian insentif dan pelatihan kerja terhadap motivasi kerja dalam rangka meningkatkan produktivitas tenaga kerja di bagian produksi PT. Surya Rengo Containers – Semarang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh antara kepemimpinan, pemberian insentif dan pelatihan kerja terhadap motivasi kerja dalam rangka meningkatkan produktivitas tenaga kerja.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis explanatory yaitu menjelaskan pengaruh antar variabel tertentu melalui pengujian hipotesis. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu data dari sumber utama dan diperoleh melalui kuisoner yang diperoleh dari karyawan di bagian produksi PT. Surya Rengo Containers – Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua  karyawan di bagian produksi area corrugator PT. Surya Rengo Containers – Semarang yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode sensus yaitu pengambilan sampel dimana setiap elemen penelitian mempunyai kemungkinan yang sama untuk dipilih. Sampling adalah suatu cara atau teknik yang dipergunakan untuk menentukan sampel penelitian (Supardi, 2005). Teknik penelitian menggunakan metode sensus yaitu seluruh popolasi dijadikan sampel yaitu sebanyak 30 orang.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa kepemimpinan, pemberian insentif, pelatihan kerja serta motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja operator produksi pada PT. Surya Rengo Containers - Semarang.


Keywords


Competence; information technology as means of support; job satisfaction ; performance of human resources

Full Text:

PDF

References


Antasari, K.C. dan Sukartha, P.D.Y.Y., (2015), Pengaruh Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Dan Penggunaan Teknologi Informasi Pada Kinerja Individual Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Pemoderasi, E-Jurnal Akuntansi, Hal.354-369.

Dhermawan, A.A.N.B., Sudibya, I.G.A. dan Utama, I.W.M., (2012), Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompetensi, Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai, Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 6(2).

Ferdinand, Augusty, (2014),Metode Penelitian Manajemen, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Fujianti, L., (2012), Pengaruh Profesionalisme Terhadap Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja serta Dampaknya Terhadap Kinerja Akuntan Pendidik, Prosiding Seminar Nasional Forum Bisnis Dan Keuangan I, Hal.816-829

Geovannie, H.L., (2016),Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Kesesuaian Tugas–Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Individual Instansi Pemerintahan,Jurnal Mahasiswa Perpajakan, 8(1).

Ghozali,Imam, (2014), Konsep Dan AplikasiDengan Program AMOS 22.0, Edisi Keenam, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hadiyatno, D., (2012),Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, Dan KepuasanKerja Terhadap Kinerja Karyawan, Prosiding Seminas, 1(2).

Ibrahim, M. dan Dahlius, A., (2016),Pengaruh Fasilitas Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan, Jurnal Online Mahasiswa Bidang Ilmu Sosial dan IlmuPolitik, 3(2).

Moenir, A. S. (2014), Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Cetakan Ke Sepuluh, Bum Aksara,Jakarta

Kartika, L. N.danSugiarto, A., (2014), Pengaruh Tingkat KompetensiTerhadap Kinerja Pegawai Administrasi Perkantoran, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 17(1), 73-90.

Mariam, R., (2009), Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan BudayaOrganisasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Karyawan Sebagai Variabel Intervening, Tesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Pariyatin, Y., (2015), Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Pelayanan Di KampungSampireun Resort & Spa, Jurnal Algoritma, 12(1).

Pradiningrum, E.R., Larasati, H. dan Santoso, S., (2013),Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat DPRD kota Semarang, Jurnal kebijakan publik dan manajemen, 2(3), Hal.84-94.

Ridwan, Juniarso dan Sudrajat, A. Sodik (2014), Hukum Administrasi Negara dan Kebijakan PelayananPublik, Penerbit Nuansa Cendikia, Bandung.

Robbins,Stephen P.danTimothy A. Judge, (2015), Perilaku Organisasi Edisi Keenam belas, Salemba Empat, Jakarta.

Rosnidah, I., (2010), Pengaruh Tingkat Pendidikan Auditor, Besarnya KAP dan Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Kerja Auditor Dan Implikasinya Pada Kualitas Audit (Survei pada KAP di Jakarta), Jakarta, Jurnal Akuntansi Universitas Tarumanegara Vol. 14 No, 1.

Sari, Fajar M., (2013), Pengaruh Kompetensi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru, Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, Vol. 9 No.2. Hal. 137 – 153.

Siagian, Sondang P.(2012),Teori Motivasi dan Aplikasinya, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Sudarmanto, (2014), Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM, Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Veithzal Rivai,(2014), Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi,Edisi Keempat, PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Waraich, S.B. dan Bhardwaj, G., 2010. Workforce reduction & HR Competencies: an exploratory study, Indian Journal of Industrial Relations,Hal.100-111.

Wibowo, (2012), Manajemen Kinerja, Edisi Ketiga, PT. Raja Grafindo, Jakarta.

Widodo, (2014), Upaya Peningkatan Kinerja Inovatif Berbasis Pola Kerja Cerdas Dalam Konteks Teknologi Informasi, Jurnal Manajemen Teknologi, Vol. 13, No. 2, Hal. 154-172.

¬¬¬¬¬Wijono, S., (2012),Psikologi Industri Dan Organisasi,Edisi Revisi, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Wirawan, (2012), Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori, Aplikasi, Dan Penelitian, Cetakan Ke-1,Salemba Empat, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v11i1.1078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats


Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis (JREB) terindex:

                    

 

Creative Commons License
This work Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.