ANALISIS TEKSTUR PHOTO LAMA MENGGUNAKAN FITUR TEKSTUR GRAY LEVEL CO-OCCURRENCE MATRIKS PADA PEWARNAAN CITRA OTOMATIS

Muhammad Sipan, Rony kartika Pramuyanti

Abstract


Pengolahan citra merupakan hal penting pada sebuah proses pengenalan, klasifikasi atau segmentasi atau proses lain. Satu hal yang dapat dilakukan adalah analisis fitur tekstur yang berhubungan dengan photo lama dalam hal ini photo grayscale. Objek penelitian dapat berupa photo (citra) lama dan menggunakan  metode statistikal berbasis Gray Level Cooccurrence Matrix (GLCM) .

GLCM adalah salah satu metode yang digunakan untuk ekstraksi fitur tekstur, beberapa tekstur yang ada di analisis menggunakan glcm dengan membandingkan fitur tektur GLCM pada photo lama dengan photo aslinya

                   Proses pewarnaan yaitu memberikan visualisasi lebih pada sebuah objek, dapat berupa citra atau video monokrom dengan tujuan untuk memberikan detail dan kejelasan dari citra atau video yang diwarnai. Penelitian membahas citra grayscale untuk diwarnai, kemudian mencari nilai-nilai fitur tekstur GLCM. Besar kecilnya nilai fitur yang diperoleh dari perhitungan digunakan untuk mencari seberapa besar nilai error yang secara tidak langsung menunjukan seberapa besar kemiripan citra tersebut. Pengukuran keberhasilan besar kecilnya kemirirpan menggunakan metode Mean Square Error (MSE) dan Mean Absolute Error (MAE).


Keywords


Tekstur, Glcm, MAE, MSE

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jprt.v13i2.936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi (JPRT) merupakan jurnal ilmiah yang terindeks secara Nasional dari beberapa indeks yaitu antara lain :

                             

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.