KLASIFIKASI NILAI SWR IDEAL ANTENA BERBAHAN DASAR ALLUMUNIUM DENGAN LOGIKA FUZZY

Roni Kartika, Taufiq DC

Abstract


SWR kependekan dari Standing Wave Ratio yang atau perbandingan nilai yang menjadikan   gelombang berdiri. Pada jalur transmisi munculnya nilai SWR adalah akibat dari ketidaksesuaian impedansi dalam kabel, mencerminkan gelombang radio kembali menjelang akhir atau mencegah semua kekuatan mencapai             akhir tujuan sehingga muncullah gelombang berdiri. Sebuah saluran transmisi yang ideal akan memiliki SWR 1:1 = 1.

Nilai SWR merupakan perbandingan dari nilai tahanannya, disini nilai SWR   diklasifikasikan.   Dibantu dengan FIS editor dari program Matlab akan didapatkan beberapa hasil klasifikasi. Dengan proses Fuzzifikasi akan didapat 3 macam klasifikasi yaitu kurang ideal, ideal dan tidak ideal. Ada 2 cara perhitungan SWR yang semuanya menghasilkan hasil ideal yang hampir sama dengan hasil pengamatan.

FIS editor pada klasifikasi disini berbentuk traoesiun yang masing masing klasifikasi mempunyai range nilai, walaupun masukan/ input masing masing hanya mempunyai satu nilai sehingga pada FIS editor menggunakan fungsi keanggotaan segitiga. Aturan yang digunakan disini adalah Mandani yang akan menggunakan jika €¦.dan €¦.dan €¦maka €¦.sehingga didapat 8 aturan fuzzy mamdani.

Terakhir dapat diambil kesimpulan bahwa nilai SWR yang bisa membuat suatu instrumen beroperasi dengan baik tidak harus benar-benar ideal kaena instrumen seperti antena akan banyak dipengaruhi faktor lingkungan luar.


Keywords


SWR, Fuzzy , Fuzzyfikasi , FIS editor . MATLAB, fungsi keanggotaan

Full Text:

PDF

References


Christian Iswahyudi, 2014, Sistem Pendukung Keputusan , STIKOM BALI.

Darin Walraven, 2016, Understanding SWR by Example , Majalah QST RRL edisi November.

Kartika Roni, Endang Arie, Sipan M,2014. Perbandingan Bahan Konduktor Untuk Pentransmisian Gelombang Radio , LPPM USM.

Luh Kesuma Wardani, Elin Haerani, 2011, Analisis Pengaruh Pemilihan Fuzzy Membership Function Terhadap Output Sebuah Sistem Fuzzy Logic urusan Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA Riau

M. Yasin, 2017, Fungsi Keanggotaan Fuzzy , Gramedia, Jakarta

Pamungkas Derajat, 2018, Sifat-sifat Logam Konduktor

Rinaldy Munir, 2012, Sistem Inferensi Fuzzy, Teknik Informatika STEI ITB

rainly.co.id, Sifat-sifat Bahan Listrik Mataram, unduh 30 januari 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jprt.v16i2.2991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Penerbit

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang

Alamat Redaksi:

Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Jawa Teangah, Indonesia 50196 Telp: 024-6702757 psw: 8302 Fax: 024-6702272 e-mail: jprt@usm.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.