STUDI EVALUASI KEBUTUHAN PELAYANAN PEJALAN KAKI JALAN MERUYA SELATAN, KEMBANGAN, JAKARTA BARAT (DEPAN UNIVERSITAS MERCU BUANA)

Nunung Widyaningsih, Sofyan Dimas Susena

Abstract


Pejalan kaki merupakan bentuk transportasi yang tidak kalah banyak debandingkan dengan transportasi kendaraan lain. Di sekitar kawasan pendidikan seperti Kampus Universitas Mercu Buana volume pejalan kaki meningkat cukup tinggi dibandingkan di kawasan pemukiman dan industri. Maka dari itu perlu dilakukan evaluasi kembali terhadap fasilitas pejalan kaki yang ada karena perubahan populasi di daerah tersebut agar pejalan kaki merasa aman dan nyaman melintasi kawasan tersebut.

             Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui volume pejalan kaki, kecepatan pejalan kaki serta ruang bebasnya. Lalu untuk mengevaluasi trotoar dan fasilitas penyeberangan yang ada. Mengetahui jenis fasilitas apa yang cocok dengan lokasi tersebut. Dan mengetahui LOS arus lalu lintas pada lokasi tersebut.

             Pada penelitian ini akan mengevaluasi trotoar yang berada di depan Universitas Mercu Buana dan di seberang Universitas Mercu Buana, fasilitas pengeberangan dan arus lalu lintas pada jalan tersebut. Dalam penelitian ini akan dilakukan survey selama 2 hari yaitu hari Sabtu 2 Maret 2019 dan Senin 4 Maret 2019 pada jam sibuk. Diperlukan survey volume arus pejalan kaki, pengukuran geometrik jalan, volume kendaraan, kecepatan, hambatan samping dan volume pejalan kaki menyeberang jalan. Dalam penentuan LOS pada fasilitas pejalan kaki  menggunakan peraturan Tata Cara Perencanaan Fasilitas Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan ( Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga Direktorat Bina Teknik /No:011/T/Bt/1995) dan untuk penentuan LOS arus lalu lintas menggunakan MKJI 1997.

             Dalam analisa yang telah dilakukan bahwa LOS pada trotoar di depan UMB adalah B dengan arus per 15 menit (V15) sebesar 1,25 ped/menit/ft, ruang pejalan kaki sebesar 35,96 ft2/ped dan LOS trotoar di seberang UMB adalah B dengan arus per 15 menit (V15) sebesar 1,39 ped/menit/ft, ruang pejalan kaki sebesar 35,05 ft2/ped. Dan LOS arus lalu lintas di lokasi tersebut adalah E dengan DS sebesar 0,94 dengan kecepatan rata-rata ruang sebesar 8,56 smp/jam. Evaluasi fasilitas penyeberangan yang ada tidak mencukupi karena volume pejalan kaki yang cukup tinggi sehingga perlu digantikan dengan pelican dengan lapak tunggu.


Keywords


Arus Lalu Lintas, Fasilitas Penyeberangan, Pejalan kaki, Tingkat Pelayanan Kinerja Pejalan Kaki, Trotoar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jprt.v15i2.1753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Penerbit

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang

Alamat Redaksi:

Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Jawa Teangah, Indonesia 50196 Telp: 024-6702757 psw: 8302 Fax: 024-6702272 e-mail: jprt@usm.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.