PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE UNTUK TRY OUT UJIAN NASIONAL MATEMATIKA PADA SISWA SMK KELAS XII

Yulinda Kusumaningrum, Titis Handayani, Nur Wakhidah

Abstract


Saat ini pemerintah Indonesia akan memajukan mutu dan kualitas sumber daya manusia. Salah satu caranya adalah dengan memberikan perhatian khusus terhadap pendidikan di Indonesia. Ujian berstandar nasional merupakan kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan untuk menentukan standar mutu pendidikan. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang nilai kelulusannya paling sedikit dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Hal tersebut dibuktikan dengan menurunnya nilai UN matematika di SMK Perdana selama dua tahun terakhir. Menurunnya nilai UN salah satunya disebabkan karena kurangnya pendalaman konsep, berupa uji coba (tryout) yang diberikan oleh pihak sekolah. Padahal mata pelajaran matematika mengharuskan siswa untuk sering berlatih dalam mengerjakan soal.

Aplikasi Mobile merupakan salah satu alternatif yang sangat potensial untuk dikembangkan saat ini. Dengan media aplikasi mobile ini di harapkan para siswa mampu melakukan tryout ujian nasional untuk mata pelajaran matematika kapan pun dan dimana pun. Dan aplikasi menyediakan menu pembahasan soal. Sehingga siswa dapat memperdalam serta semakin memahami soal-soal matematika. Hal tersebut akan berdampak pada kesiapan siswa dalam mengerjakan ujian nasional khususnya mata pelajaran matematika.


Keywords


Aplikasi Mobile, tryout, matematika

Full Text:

PDF

References


Ally, M. 2009. Mobile learning: transforming the delivery of education and training. Edmonton: AU Press.

Arifpurnamayana, M. I. 2012. Rancangan dan Pembuatan Mobile Learning Berbasis Android. [Online]. Diakses pada http://repository.gunadarma.ac.id.

Nazruddin Safaat H. 2013. Aplikasi berbasis android. Informatika : Bandung.

Hartono, Toto. 2014. Aplikasi Simulasi Try Out Ujian Nasional Berbasis Android untuk SMA. [Online]. Diakses pada http ://elib.unikom.ac.id

Sobirin. 2015. Pengembangan aplikasi mobile learning Sebagai media alternatif persiapan ujian nasional Siswa sekolah menengah atas (SMA). [Online]. Diakses pada http ://eprints.uny.ac.id.

Setyadi, Danang. 2017. Pengembangan Mobile learning berbasis android sebagai sarana berlatih mengerjakan soal matematika. [Online]. Diakses pada : https://www.researchgate.net/publication/322575973.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jprt.v15i1.1487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi (JPRT) merupakan jurnal ilmiah yang terindeks secara Nasional dari beberapa indeks yaitu antara lain :

                             

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.