RASPBERRY PI DENGAN MODUL KAMERA DAN MOTION SENSOR SEBAGAI SOLUSI CCTV LAB FTIK UNIV. SEMARANG

Basworo Ardi Pramono, Aria Hendrawan, April Firman Daru

Abstract


Pengawasan tempat/ruangan dalam pekerjaan merupakan hal  penting, dimana dengan adanya CCTV pemantau kita bisa melihat kondisi suatu tempat dengan bantuan kamera pemantau (CCTV). Selama ini untuk perekaman CCTV mengunakan DVR (Digital Video Recording) dimana perangkat ini cenderung mahal dan belum menjangkau semua kalangan. Terlebih lagi jika CCTV merekam secara terus menerus 24 jam sehari selama 1 bulan, tentu harus menyediakan kapasitas ruang harddisk yang besar.

Ruang Lab FTIK menjadi objek penelitian dimana mengunakan perangkat raspberry pi dengan modul kamera dan sensor motion detection dimana perangkat PC Mini Raspberry  Pi hanya akan merekam kondisi ruangan hanya pada saat terdeteksi suatu gerakan pada ruang Lab FTIK. Raspberry pi sendiri adalah sebuah komputer mini, sistem operasi Raspberry bisa bermacam-macam, salah satunya adalah Linux Debian yang telah dipaket minikan. Dengan itu diharapkan mampu mengurangi beban media penyimpanan. Penggunaan Raspberry Pi dalam hal pengawasan/monitoring tempat atau ruangan  memerlukan biaya yang murah dan efektif dalam pendayagunaan.


Keywords


pengawasan, raspberry pi, motion detection

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jprt.v14i1.1213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi (JPRT) merupakan jurnal ilmiah yang terindeks secara Nasional dari beberapa indeks yaitu antara lain :

                             

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.