Pengembangan Front-End Website Perpustakaan Politeknik Negeri Jakarta Dengan Menggunakan Metode User Centered Design

Cerah Ayunda Prawastiyo, Indra Hermawan

Abstract


Penggunaan internet di Indonesia khususnya di instansi pendidikan terutama perguruan tinggi yaitu mengandalkan internet untuk mencari kumpulan informasi dan referensi terkait dengan mata kuliah. Salah satu unit di sebuah perguruan tinggi yang menggunakan internet dengan memanfaatkan sistem informasi berbasis website adalah perpustakaan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Website berperan penting bagi suatu instansi atau organisasi. Dalam tolak ukur sebuah website yang baik, salah satunya dapat dilihat dari sebuah UI (User Interface) yang memiliki tampilan menarik dan UX (User Experience) untuk meningkatkan kenyamanan pengguna website. Dalam pengembangan front end website perpustakaan menggunakan metode UCD (User Centered Design), framework bootstrap, bahasa pemrograman HTML5, CSS dan Javascript. Pada tahap evaluasi design dalam bentuk wireframe menggunakan metode SUS (System Usability Scale) mendapatkan skor 83, pengujian blackbox untuk mengukur fungsionalitas website mendapatkan hasil sesuai dengan skenario, pengujian UEQ (User Experience Questionnaire) untuk mengukur tingkat kenyamanan pengguna website mendapatkan hasil positif.

Full Text:

FULLTEXT

References


Wibawanto, A. (2018) Penggunaan Internet dalamPerpustakaan , Pustakaloka, 10(2), p. 191.

Walidaini, B. and Muhammad Arifin, A. M. (2018) Pemanfaatan Internet Untuk Belajar Pada Mahasiswa , Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 3(1).

Abdul, I., Saleh, R. and Komalasari, R. (2014) Pengertian Perpustakaan dan Dasar-dasar Manajemen Perpustakaan.

Syamsiyah, N. and Sesunan, M. F. (2018) Penerapan Metode System Life Cycle Development Dan Project Management Body of Knowledge Pada Pengembangan Sistem , Ikraith-Informatika, 2(2).

Firman, A. et al. (2016) Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web , E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer, 5(2), pp. 29 36.

Mulyana, A. and Aria, M. (2015) Perancangan Digital Signage Sebagai Papan Informasi Digital , Majalah Ilmiah UNIKOM, 13(2), pp. 111 118.

Alatas, H. (2013) Responsive Web Design Degan PHP dan Bootstrap. Jakarta: Mediakita.

Anhar (2010) PHP & MySql Secara Otodidak - Anhar - Google Buku.

Solichin, A. (2016) Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Jakarta: Penerbit Universitas Budi Luhur.

Hastanti, R. P. and Wardati, B. E. P. I. U. (2015) Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan , Bianglala Informatika, 3(3), p. 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jisl.v1i2.2784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Redaksi:

[Journal Information Science and Library] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh UPT. Perpustakaan Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.