Pengadaan Bahan Pustaka UPT Perpustakaan Universitas Semarang

Diyah Kartika Sari

Abstract


Judul penelitian ini adalah Akuisisi bahan pustaka UPT Perpustakaan Universitas Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem Akuisisi bahan pustaka di UPT Perpustakaan Universitas Semarang. Sampel penelitian ini adalah Sub Bagian Pengadaan UPT Perpustakaan USM yakni Pustakawan. Metodologi penelitian mengunakan metode kualitatif,   teknik   pengumpulan   data yang   digunakan   adalah   observasi,   wawancara   dan   dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksana pengadaan adalah sub bagian pengadaan UPT Perpustakaan dan sistem pengadaan koleksi berpedoman pada SOP. Anggaran berasal dari RAB Universitas.   Identifikasi kebutuhan pemustaka metode yang digunakan menyebar katalog buku ke dosen dan staf karyawan yang ada di fakultas disesuaikan dengan kebutuhan dan melihat history peminjaman buku yang sering dipinjam.   seleksi bahan pustaka di UPT perpustakaan melalui Judul bahan perpustakaan yang dikirimkan dari fakultas yang sudah melalui proses seleksi, Judul-judul Bahan perpustakaan yang di reques dari mahasiswa dan Judul-judul bahan perpustakaan yang masih berjumlah   1eksemplar. Sistem Pengadaan bahan pustaka UPT Perpustakaan ada   3 yaitu melalui   pembelian, hadiah atau sumbangan dan terbitan sendiri.

The title of this research is the acquisition of the Semarang University central library. The purpose of this study is to find out how the system of acquisition of library material at the Semarang university central library. This is the research unit procurement subsection Semarang university central library as a librarian. Research methodology uses the qualitative method, data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. This research result indicates that the procurement of procurement is a subsection library and collection of procurement systems based on SOP. RAB budget derived from the university. The identification of the needs of the library user methods used spread the book catalog to the existing teachers and staff of the faculty adapted to the need and looked at the history of borrowed books. The acquisition of library Semarang University central library system is 3 through purchase, reward or donation, and personal issues.


Full Text:

XML FULLTEXT

References


Basuki, Sulistyo. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan . Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Soeatminah. Mengelola Perpustakaan. Yogyakarta: Kanisius. 1991.

Sutarno, NS. 2006. Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :Sagung Seto

Soejono Trimo. Pengadaan dan Pemilihan Bahan Pustaka. Bandung:Angkasa. 1985.

Sari Wahdati. Akuisisi Bahan Pustaka Perpustakaan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin. Vol.1 No.2, Desember 2018. Universitas Islam Negeri Sunan KalijagaYogyakarta. Di akses pada tanggal 26 Juni 2020 http://ojs.uninus.ac.id/index.php/JILS/article/view/372/322.

Suwarno, wiji. 2010. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan. Yogyakarta: Ar.Ruzz Media. Yulia, Yuyu. 2009. Pengembangan Koleksi. Jakarta: Universitas Terbuka

Bafadal, Ibrahim. 2011. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Perpustakaan Perguruan Tinggi : Buku Pedoman.Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional RI.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jisl.v1i1.2496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Redaksi:

[Journal Information Science and Library] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh UPT. Perpustakaan Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.