EFEKTIVITAS PELATIHAN BERFIKIR POSITIF SEBAGAI STRATEGI COPING STRESS PADA GURU SEKOLAH DASAR ANAK BERKESULITAN BELAJAR

Mulya Virgonita I.W, Fitria Linayaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh pelatihan berpikir positif terhadap strategi koping pada guru sekolah dasar anak berkesulitan belajar di Semarang. Subyek penelitian berjumlah 13 orang. Profesi sebagai guru untuk anak berkesulitan belajar dan berkebutuhan khusus sangat rentan mengalami stres. Tuntutan pekerjaan yang tinggi, harapan orang tua yang tidak realistis terhadap hasil kerja guru seringkali mengakibatkan stres. Diperlukan strategi koping yang baik untuk mengatasi hal ini.

Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan disain penelitian pre-test post-test without control group dimana subyek penelitian diberi perlakuan berupa pelatihan berpikir positif untuk dilihat pengaruhnya terhadap strategi koping untuk mengatasi stres dan diukur saat sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian yang dianalisis dengan program SPSS versi 20 menunjukkan bahwa terdapat sumbangan pelatihan berpikir positif sebesar 23% terhadap strategi koping, yang bermakna terdapat faktor-faktor lain yang mempengaruhi strategi koping stress pada guru sekolah dasar untuk anak berkesulitan belajar.

Keywords


startegi koping stres, pelatihan berpikir positif, guru

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v18i2.574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.