Kesadaran dan Perilaku Plagiarisme dikalangan Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Semarang)

Febrina Nafasati Prihantini, Dian Indudewi

Abstract


Praktek copy paste merupakan sesuatu yang sering dilakukan mahasiswa dalam menjalani perkuliahan mereka, dimana tindakan copy paste merupakan bagian dari plagisrisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa mengenai tindakan plagiarism, seberapa sering mereka melakukan tindakan plagiarism dan alasan apa yang menyebabkan mereka melakukan tindakan plagiarisme.

Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan model fenomenologi (phenomenology). Dimana jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah 11 mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir skripsi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi yang sama mengenai tindakan plagiarisme akan tetapi mereka terkadang tetap melakukannya dikarenakan adanya hal-hal yang mendorong mereka untuk melakukannya seperti batas waktu menyelesaikan tugas, Hal tersebut seperti batas waktu menumpuk tugas, mahasiswa tidak cukup menemukan bahan untuk menyelesaikan tugas mereka, dosen yang tidak mempermasalahakan mengenai plagiarisme dan sememberikan atau mencantumkan kutipan

Keywords


plagiarisme, persepsi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v18i1.559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.