ANALISIS PENGARUH CURRENT RATIO, INVENTORY TURN OVER DAN DEBT TO EQUITY RATIO PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF DAN PRODUK KOMPONENNYA PADA BURSA EFEK INDONESIA ( 2010 2013)

Andy Kridasusila, Windasari Rachmawati

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Current Ratio, Inventory Turnover, Debt to Equity Ratio (DER), terhadap Return on Asset (ROA) pada perusahaan automotive and allied products yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010-2013. Sampel penelitian sebanyak 17 perusahaan otomotif dan produk komponen.

                              Hasil dari penelitian menggunakan analisis regresi berganda, yang menunjukkan bahwa current ratio, inventory turn over dan debt to equity ratio mempunyai pengaruh secara simultan terhadap return on assets, dan secara parsial seluruh variabel independen (current ratio, inventory turn over dan debt to equity ratio) berpengaruh secara signifikan terhadap return on assets pada perusahaan. Variabel paling dominan dalam penelitian ini yang berpengaruh terhadap return on assets adalah debt to equity ratio.

 


Keywords


Current Ratio, Inventory Turnover, Debt to Equity Ratio, dan Return on Asset (ROA)

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v18i1.555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.