PERAN GENDER PADA ENTREPRENEURIAL MINDSET DAN ENTREPRENEURIAL MARKETING: STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SEMARANG
Nuria Universari, Yuli Budiati
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis entrepreneurial mindset dan entrepreneurial marketing mahasiswa. Mahasiswa yang digunakan sebagai sampel adalah mahasiswa jurusan manajemen Universitas Semarang yang sedang mengambil mata kuliah seminar manajemen pemasaran, untuk membedakan entrepreneurial mindset dan entrepreneurial marketing antara mahasiswa pria dan wanita. Data diperoleh melalui survey dengan instrument penelitian berupa kuesioner. Kuesioner yang didistribusikan kepada responden berjumlah 85 tetapi yang kembali dan digunakan untuk analisis hanya 72. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara entrepreneurial mindset dan entrepreneurial marketing mahasiswa pria dan mahasiswa wanita. Akses pendidikan yang sama antara mahasiswa pria dan wanita membuat tidak ada perbedaan antara entrepreneurial mindset mahasiswa pria dan wanita. Universitas tidak membedakan perlakuan antara mahasiswa pria dan mahasiswa wanita dalam penerimaan program pendidikan kewirausahaan serta program-program kewirausahaan lainnya sehingga membawa dampak pada tidak adanya perbedaan dalam penilaian kepentingan dimensi entrepreneurialmarketing antara mahasiswa pria dan wanita.
Keywords
entrepreneurship mindset, entrepreneurship marketing, entrepreneurship education, teori feminisme sosial, gender