MENIMBANG SALAD BOWL DALAM SKEMA ONE STATE SOLUTION SEBAGAI SOLUSI MENYELESAIKAN PERMASALAHAN ISRAEL-PALESTINA

Endri Ahmadi, Kukuh Setyo Pambudi

Abstract


Permasalahan antara Palestina dan Israel merupakan salah satu permasalahan yang sudah sangat lama terjadi dan belum menampakkan akan segera selesai. Akar permasalahan yang kompleks dan menahun membuat permasalahan ini sulit untuk diakhiri. Tulisan ini bertujuan untuk membahasas salah satu model resolusi yang dapat ditawarkan kepada kedua negara, yakni one state solution. Solusi melebur kedua negara menjadi satu adalah solusi yang banyak dipandang realistis sekaligus skeptis karena berbagai alasan. Optimisme atas solusi ini datang ketika melihat kondisi saat ini yang sangat tidak menguntungkan pada Palestina baik secara teritorial maupuan secara bangunan ketatanegaraan. Selanjutnya, telah banyak masyarakat Palestina yang menjadi warga negara Israel. Disisi lain, pandangan skeptis akan muncul karena menganggap Palestina menjadi pihak yang paling dirugikan. Oleh karena itu, salad bowl diajukan dalam tulisan ini sebagai solusi untuk tidak menghilangkan jejak identitas Palistina, namun akan memberi Palestina kejelasan status. Oleh karena itu dibutuhkan proses yang panjang dan personil UNTSO yang memiliki culture Inteligence yang baik. Sehingga dapat menjadi penengah dan negoisator ulung dalam menghasilkan kesepakatan yang diinginkan. Peran social inteligence penting karena hal ini akan melibatkan peleburan negara dengan tetap menjaga identitas sosial. Tulisan ini akan mengunakan kajian literatur sebagai metode utama dalam mengali data dan fakta. Hasil dari analisis diharapkan dapat menjadi masukan bagi UNTSO dalam menyelesaikan permasalahan antara Palestina dan Israel.


Keywords


salad bowl, one state solution, identitas sosial, culture inteligence, UNTSO

Full Text:

PDF

References


Ang, S., Van Dyne, L., Koh, C., Ng, K. Y., Templer, K. J., Tay, C., & Chandrasekar, N. A. (2007). Cultural intelligence: Its measurement and effects on cultural judgment and decision making, cultural adaptation and task performance. Management and organization review, 335-371.

Bhattacharya, U. &. (2008). Melting pot or salad bowl: Some evidence from US investments abroad. Journal of Financial Markets, 228-258.

Burge, G. M. (2012). Palestina Milik Siapa? Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Encyclop ¦dia Britannica. (2019, January 17). UN partition plan: Israel and Palestine. Retrieved from Encyclop ¦dia Britannica: https://www.britannica.com/event/Arab-Israeli-wars#/media/1/31439/3081

Indrawan, R. M. (2017). PEMAHAMAN KOMPETENSI LINTAS BUDAYA BAGI UNTSO (UNITED NATION TRUCE SUPERVISION ORGANIZATION) UNTUK MEMECAH KEBUNTUAN DALAM PENYELESAIAN KONFLIK PALESTINA-ISRAEL. Verity - UPH Journal of International Relations.

Lewis, B. (1980). Palestine: On the History and. The International History Review, 1-12.

Milton-Edwards, B. (2007). Hamas: victory with ballots and bullets. Global Change, Peace & Security, 301-316.

Munayyer, Y. ( 2019, December 15). There Will Be a One-State Solution, But What Kind of State Will It Be? Retrieved from Foreign Affair: https://www.foreignaffairs.com/articles/israel/2019-10-15/there-will-be-one-state-solution

Nachmias, N. (1996). UNTSO: Obsolte peacekeeping? Peacekeeping & International Relations, 25.

Ophir, A. (2007). The two-state solution: providence and catastrophe. Journal of homeland security and emergency management.

Qaddafi, M. (2009, January 22). The One-State Solution. Retrieved from The New York Times: www.nytimes.com/2009/01/22/opinion/22qaddafi.html?ref=opinion

Renton, J. (2007). The Zionist Masquerade. The Birth of the Anglo-Zionist Alliance. London: Palgrave MacMillan.

Sa di, A. H. (2002). Catastrophe, memory and identity: Al-Nakbah as a component of Palestinian identity. Israel Studies, 7(2),, 175-198.

Sayigh, Y. (2010). Hamas rule in Gaza: three years on. Middle East Brief, 1-9.

Schanzer, J. (2008). Hamas vs. Fatah: the struggle for Palestine. USA : St. Martin's Press.

Smith, C. D. (2004). Palestine and the Arab-Israeli conflict. St. Martin's: Bedford.

Yuliantiningsih. (2009). Agresi Israel Terhadap Palestina Perspektif Hukum Humaniter Internasional. . Jurnal Dinamika Hukum, 135-144.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v22i1.2872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.