NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM RUMAH ADAT LIMBUNGAN SUKU SASAK

juliani juliani, Juliana Juliana, Firda Devianti Komalasari, Hamdani Hamdani, Hulaemi Umar, Irma Suryani, Nursaptini Nursaptini, Muhammad Tahir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan nilai yang terkandung pada setiap pola artsitektur rumah adat Limbungan Desa Perigi Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini meupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjukkan bahwa, (1) Rumah adat limbungan ini terbuat dari bahan-bahan alami yang masih mudah didapatkan seperti: kayu, daun ilalang, bambu, dan getah pohon, (2) Rumah adat limbungan ini terdiri dari komponen-komponen dan memiliki ciri khas masing-masing, diantaranya terdiri dari atap, pondasi, dinding, pintu, jendela, tangga, lantai/teras, (3) Nilai atau makna dari setiap komponen rumah adat ini meliputi : nilai tata karma, kepedulian sosial,   kepercayaan, sedangkan pada atap yang semakin menjorok ke bawah menunjukan rasa hormat, dinding rumah adat ini mengandung nilai kesederhanaan   yang dapat diterapkan dalam kehidupan, dan untuk pintu dimasing-masing rumah adat ini serentak menghadap utara dikarenakan matahari terbit dari utara sehingga sinar dari matahari yang mengandung vitamin D yang baik untuk pembentukan tulang

Keywords


Kearifan Lokal, Rumah Adat Limbungan

Full Text:

PDF

References


Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Wiraeni, Rohmi. "Nilai Edukatif pada Arsitektur Rumah Adat Bale Sasak di Dusun Limbungan Kabupaten Lombok Timur NTB." Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 2016: 167-175.

Rina Sabrina, Antariksa, Gunawan Prayitno. "Pelestarian Pola Permukiman Tradisional Suku Dusun Limbungan Kabupaten Lombok Timur." Jurnal Tata Kota dan Daerah , 2010: 87-108.

Alfian, M. (2013). Potensi Kearifan Lokal dalam Pembentukan Jati Diri dan Karakter Bangsa . Jurnal Pendidikan, 424-435.

Sari, Y. R. (2013). Peranan Gereja Batak Karo Protestan dalam Melestarikan dan Mempertahankan Kebudayaan Suku Batak Karo (StudiI Dikecamatan Medan Selayang) . Jurnal Pendidikan , 1.

Sabrina, Rina Dkk. 2010. Pelestarian Pemukiman Tradisional Suku Sasak Dusun Limbungan Kabupaten Lombok Timur . Jurnal Tata Kota Dan Daerah Oleh Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, vol 1, no 2.

Sukardi Interview. 2020. Makna yang Terkandung Pada Rumah Adat Limbungan Kabupaten Lombok Timur NTB . Lombok Timur.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v22i2.2832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.