EKSISTENSI PEDAGANG KAKI LIMA(PKL) DI JALAN ARTERI PRIMER, KOTA SINGARAJA

Amirul Ikram

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang melatarbelakangi eksisnya Pedagang Kaki Lima (PKL) di jalan Arteri Primer Kota Singaja, Bali, dengan fokus penelitian pada karakteristik, motivasi dan strategi PKL. Pada lokasi tersebut banyak terdapat PKL yang menjalankan usahanya pada malam hingga dini hari. Penelitian sebelumnya di Kota Singaraja fokus pada PKL yang menjalankan usaha pada pagi hingga sore hari, namun lokasi yang dikaji kurang pada jalan utama kota, seperti Jalan Arteri Primer yang merupakan jalan yang berdaya guna tinggi. Sehingga menarik untuk dilakukan kajian pada lokasi dan waktu tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan analisis kualitatif dengan sampel sebanyak 43 orang yang ditentukan sesuai kriteria penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik PKL di Jalan Arteri Primer, Kota Singaraja didominasi oleh orang yang tingkat pendidikannya pada jenjang SMP, lama berjualan selama 3 4 jam permalam, dengan penghasilan rata-rata kurang dari 500 ribu permalam. Motivasi menentukan lokasi bagi PKL dengan mencari tempat strategis, kecil bahkan tidak adanya biaya pangkal serta mudah untuk dijangkau. Strategi yang sering digunakan oleh PKL berupa public relation atau membangun hubungan dengan konsumen dan mempertahankan keberadaannya, sehingga tetap eksisnya usaha yang mereka lakukan. Penelitian ini akan menambah khazanah ilmu penetahuan terhadap kajian Geografi Ekonomi.


Keywords


Eksistence; Arteri Primer Street; Street Vendors

Full Text:

PDF

References


Duwit, B. S., Kumurur, V. A., & Moniaga, I. L. (2015). PERSEPSI PEDAGANG KAKI LIMA TERHADAP AREA BERJUALAN SEPANJANG JALAN PASAR PINASUNGKULAN KAROMBASAN MANADO. Jurusan Arsitektur, 7(2), 419 427.

Handayani, C. M. S. (2013). Karakteristik Pedagang Kaki Lima (PKL) Di Sentra PKL Surabaya. Majalah Ekonomi, 17(2).

Harahap, E. F. (2016). MODEL KARAKTERISTIK DAN PERANAN PEKERJA INFORMAL DI KOTA PADANG. E-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 4(3).

Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga.

Nazara. (2010). Ekonomi Informal di Indonesia: Ukuran, Komposisi, dan Evolusi. Organisasi Perburuhan Internasional.

Prabowo, U., & Handoyo, P. (2016). Peran Modal Sosial dalam Mekanisme Survival Pedagang Kaki Lima (PKL) Pentol Bakar di Kawasan Benteng Pancasila (BenPas) Kota Mojokerto. Jurnal Paradigma, 4(1).

Rahayu, Y. S., & Fitanto, B. (2012). STRATEGI PEDAGANG PASAR TRADISIONAL MENGHADAPI PERSAINGAN dengan RETAIL MODERN dan PREFERENSI KONSUMEN (Studi Kasus Pada Pasar Legi Kota Blitar). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2).

Rahayuni, I. G. A. A., Treman, I. wayan, & Citra, I. P. A. (2015). Ekonomi Informal di Indonesia: Ukuran, Komposisi, dan Evolusi. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 3(2).

Sapar, Lumintang, R. W. E., & Susanto, D. (2006). FAKTOR-FAKTOR YANG BERKAITAN DENGAN PERILAKU KEWIRAUSAHAAN PEDAGANG KAKILIMA (Kasus Pedagang Kakilima Pemakai gerobak Usaha Makanan Di Kota Bogor). JURNAL P ENYULUHAN, 2(2).

Sastrawan, I. W., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2015). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN LOKASI USAHA PEDAGANG KAKI LIMA DI PANTAI PENIMBANGAN KECAMATAN BULELENG, KABUPATEN BULELENG. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1).

Trendyari, A. A. T., & Yasa, I. N. M. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Migrasi Masuk Ke Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 3(10).

Utdwinata, T., & Murtini, S. (2019). Kajian Eksistensi Pedagang Kaki Lima Di Dupak Magersari Kelurahan Jepara Kecamatan Bubutan Kota Surabaya. Swara Bhumi, 1(2).

Widjajanti, R. (2009). Karakteristik Aktivitas Pedagang Kaki Lima Pada Kawasan Komersial Di Pusat Kota Studi Kasus: Simpang Lima Semarang. Teknik, 30(3).

Widjajanti, R. (2012). Karakteristik Aktivitas Pedagang Kaki Lima di Ruang Kota (Studi Kasus: Kawasan Pendidikan Tembalang, Kota Semarang). Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 8(4), 412 424.

Widyaningrum, N. (2009). Kota Dan Pedagang Kaki Lima. Jurnal Analisis Sosial, 1(18).

Winoto, A., & Budiani, S. R. (2017). KAJIAN KARAKTERISTIK DAN FAKTOR PEMILIHAN LOKASI PEDAGANG KAKI LIMA DI KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Bumi Indonesia, 6(1).

Zulkarnain. (2012). Ilmu Menjual: Pendekatan Teoritis Dan Kecekapan Menjual. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v22i2.2564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.