PERBEDAAN PEMAHAMAN MAHASISWA S1 MANAJEMEN DENGAN S1 AKUNTANSI TENTANG SIKLUS AKUNTANSI

Asih Niati, Tri Rinawati

Abstract


Pemahaman mahasiswa pada mata kuliah akuntansi khususnya tentang siklus akuntansi bervariasi, hal ini tergantung pada tingkat kecerdasan mahasiswa. Pemahaman adalah menguasai sesuatu dengan pikiran, mengerti secara mental dan filosofinya, maksud dan implikasinya serta aplikasinya, sehingga menyebabkan mahasiswa dapat memahami suatu situasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan pemahaman tentang siklus akuntansi antara mahasiswa S1 Manajemen dengan mahasiswa S1 Akuntansi.

Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa S1 Akuntansi dan mahasiswa S1 Manajemen Semester Genap tahun ajaran 2018/2019. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan pendekatan Slovin. Teknik pengambilan sampel 100 orang mahasiswa (50 mahasiswa S1 Manajemen dan 50 mahasiswa S1 Akuntansi) dilakukan dengan menggunakan purposive sampling.

Teknik analisa data menngunakan uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji independent sample t test.

Berdasarkan uji koefisien kontingensi, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman mahasiswa S1 Akuntansi dan S1 manajemen tentang siklus akuntansi yang ditunjukkan berdasarkan hasil nilai yang diperoleh mahasiswa. Akan tetapi tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman mahasiswa S1 Akuntansi dan S1 manajemen berdasarkan jenis kelamin tentang siklus akuntansi yang ditunjukkan berdasarkan hasil nilai yang diperoleh mahasiswa. Berdasarkan uji Pearson Chi-Square, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman mahasiswa program studi S1 Manajemen dan S1 Akuntansi tentang Siklus Akuntansi yang ditunjukkan pada hasil nilai mahasiswa.

Keywords


Expected Return, Risk, Penilaian Saham

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Anas Sudijono. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali pers

Anas Sudijono. 2013. Pengantar Evaluasi pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Agung Kresnamurti R.P dan Ariani Putri. 2012.” Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap loyalitas konsumen pada produk oli federal di wilayah Jakarta Timur”. Econo Sains. Vol.10. No.1.

Agustina dan Debi Melda Yanti. 2015. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Akuntansi Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Jurusan Akuntansi STIE Microskill Medan. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil Volume 5, Nomor 01, April 2015

Anton Mulyono Aziz dan Maya Irjayanti, 2014, Manajemen. Bandung, Mardika Group

Biduri, Sarwenda. 2016. Pengaruh Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep Dasar Akuntansi Dengan Latar Belakang Sekolah Menengah Yang Berbeda Pada Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Jawa Timur. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis & Call For Paper FEB UMSIDA. Hal 512 - 527

Budi Hartono dan Nuraninun Bangun. 2011. Analisis Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep Aset, Kewajiban Dan Ekuitas. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi. Vol 13 No 3, Hlm 183 -194

Daryanto (2008). Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Rineka Citra

Dina Fitria. 2014. Buku Pintar Akuntansi Untuk Orang Awam & Pemula, Jakarta Timur: Laskar Aksara.

Efriyenti, Dian. 2017. Analisis Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep dasar Akuntansi ( Studi Empiris Pada mahasiswa Akuntansi Di Unversitas Internasional Batam). Pekbis Jurnal, Vol.9, No.3, November 2017:241-252

EM Zul Fajri dan Ratu Aprilia Senja, 2008. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Edisi Revisi, Cet. 3, Semarang: Difa Publishers

Gardner, H. (2011). Frames of Mind. New York: Basic Book.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit – Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hans Kartikahadi., dkk. 2016. Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS Buku 1. Jakarta : Salemba Empat.

Hery, 2014, “Pengendalian Akuntansi dan Manajemen”, Kencana, Jakarta

Krismiaji, 2015. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Keempat.Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Kieso, Donald E. Jerry J.Weygandt, Paul D. Kimmel. 2014. Accounting Principles Pengantar Akuntansi Edisi 7 Jilid 1. Jakarta: Salemba Empat.

McLeod R & Schell GP. 2009. Sistem Informasi Manajemen, Edisi 11, Terjemahan. Jakarta: Salemba Empat.

Nana Sudjana, 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Novius, Andri. 2010. Analisis Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Dalam Menghadapi Mata Kuliah Dasar-dasar Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Islam Negeri Sultan syarif Kasim Riau). Fokus Ekonomi Vol. 5 No. 2 Desember 2010 : 44 - 60

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Pura, Rahman, Pengantar Akuntansi 1 Pendekatan Siklus Akuntansi, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2013. Qardawi

Rusmita, Sari. 2012. Analisis Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi terhadap Konsep Dasar Akuntansi Berdasarkan Asal Sekolah. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan 2012, Vol. 3, No. 1, 85-94

Sri Maryati. 2017. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa AkuntansiIBI Darmajaya Lampung). GEMA –VolumeIX, Nomor 1,Januari 2017. ISSN 2086-9592

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Titisari, Kartika Hendra; Anita Wijayanti dan Yuli Chomsatun. Model Pembelajaran Akuntansi Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Buletin Studi Ekonomi, Vol. 18, No. 2, Agustus 2013. Hal : 126 - 135

Warsidi CA. 2017. Siklus akuntansi: tahap-tahap proses akuntansi. Warsidi.com – https://goo.gl/Jd3aEv




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v21i1.2313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi:

Jurnal Dinamika Sosial Budaya 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.