Mengapa Go-Jek? Studi mengenai motivasi pengemudi Go-Jek di Salatiga

Anggit Wahyu Saputra, Henry Wijaya Budiono, Prapto Yuwono

Abstract


Penelitian ini adalah untuk mengetahui apa motivasi pengemudi go-jek. Penelitian ini menggunakan metode fenomena kehendak. Go-jek merupakan aplikasi online yang membantu pelanggan supaya untuk mendapatkan mode transportasi dengan mudah dan cepat. Selama ini, Go-jek telah menyediakan kesempatan kerja bagi orang-orang, karena ia beroperasi secara luas di kota-kota di Indonesia. Ada beberapa orang yang bergabung menjadi pengemudi Go-Jek dengan beberapa alasan, dan studi ini dilakukan untuk menemukan motivasi orang-orang menjadi pengemudi Go-Jek. Studi kami menemukan bahwa pengemudi Go-Jek menjadikan Go-Jek sebagai pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan. Kami juga menemukan bahwa mereka yang menjadi pengemudi Go-Jek untuk pekerjaan sampingan sedang dalam proses mencari pekerjaan lain dan Go-Jek memberikan kesempatan bagi mereka untuk beraktivitas selama masa “menganggur”. 


Keywords


Go-Jek, aplikasi online, motivasi, teori fenomenologi

Full Text:

PDF

References


Hendrastomo, G., N.E. Januarti, V.I.S. Pinasti, M.Aulia, A.T.Firman, T.T.Hidayat. (2016). Dilema Sosial Ojek Online. [Laporan Penelitian] Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Wisana, I.Dewa.G.K,, Inaya R, A.Primaldhi, P.Walandouw, A.H.Nugroho. (2018). Dampak GO-JEK terhadap Perekonomian Indonesia. [Riset UI] Lembaga Demografi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Indonesia. Jakarta.

Laiya, Bakhtiar, Y.Chrisna, T.Ningsih, S.Zania, R.A.N.Siregar, Manesa, E.Oktiaputri. (2017). Kreativitas go-jek dalam persaingan transportasi.Jakarta : Fakultas Ilmu Kominikasi. Universitas Mercu Buana

Munir, syahrul. (2017). Go-Jek hentikan rekruitmen di Salatiga. Kompas. Salatiga

Rifaldi, Kadunci, Susilowati. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Online Go-Jek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Masa Mahasiswa/i Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta. Jakarta. Administrasi Bisnis Terapan, Politeknik Negeri Jakarta. Vol. 13 No. 2 Oktober 2016.

Junior, M.S. (2017). Fungsionalitas Konflik Gojek: Studi Fenomenologi Terhadap Konflik Pengemudi Gojek di Kota Kediri. Program Studi Magister Sosiologi. Universitas Sebelas Maret.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v21i1.1499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi:

Jurnal Dinamika Sosial Budaya 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.