EFEKTIVITAS NONTON BARENG DAN SHARING DALAM KEGIATAN PARENTING DI LEMBAGA PAUD

Sri Kurnianingsih, Agung Santoso

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kelas parenting terhadap perubahan kognitif afektif dan psikomotor orangtua Penelitian ini dilakukan pada 31 orangtua di PosPAUD Menur yang mengikuti sembilan kali pertemuan parenting tiap hari Senin. Subjek berusia 21 – 56 tahun dengan pendidikan antara SD hingga  S1. Dalam tiap pertemuan diputarkan film pendek komedi keluarga  sesuai dengan tema. Terdapat tiga besara tema yaitu hubungan reflektif (4 pertemuan), disipilin positif (3 pertemuan), dan belajar efektif (2 pertemuan). Dalam film itu juga disampaikan secara singkat poin penting dari film yang ditonton. Selanjutnya orangtua diajak untuk sharing mengenai topik tersebut dikaitkan dengan pengalaman pribadi.  Kuesioner pre dan post diberikan sebanyak tiga kali sesuai dengan tema besar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman orangtua mengenai materi yang diberikan dengan model nonton bareng dan sharing tersebut

Keywords


: parenting, nonton bareng, sharing, PAUD

Full Text:

PDF

References


Gunarsa, S. (2004). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Jakarta: Gunung Mulia.

Hurlock, E. (2011). Psikologi perkembangan. suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Kementrian Pendidikan Nasional. (2011). Petunjuk teknis orientasi teknis peningkatan pemahaman program penguatan PAUD berbasis keluarga (Parenting). Jakarta: Kemendiknas.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Model pelaksanaan program pendidikan keorangtuaan di lembaga pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kemendikbud.

Sudjana, D. (2010). Pendidikan luar sekolah: Wawasan sejarah perkembanganfFilsafah dan teori pendukung asas. Bandung: Falah Production.

Sumarno, H. (2014). Pemahaman kompetensi parenting terhadap perkembangan sosial anak (Studi kasus pada kelompok anak bermain di Pakem, Sleman). Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v20i1.1239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi:

Jurnal Dinamika Sosial Budaya 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.