UPAYA MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN LABA (STUDI KASUS PADA PERUSDA PERCETAKAN KOTA SEMARANG )

Hendra Wijaya, Nasron Alfianto, Fajar Akriana

Abstract


Pada era persaingan ekonomi yang semakin tajam, menjadi tuntutan utama bagi setiap pelaku ekonomi  termasuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau Perusahaan Daerah (PD) sebagai pelaku ekonomi di Daerah untuk meningkatkan kinerjanya, agar mampu bersaing  dengan perusahaan lain yang sudah terlebih dahulu kuat dalam berbagai aspek; aspek permodalan,  kemampuan pemasaran, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) , dan faktor-faktor lainnya. Dengan sumber daya yang sangat terbatas dan minim Perusahaan Daerah  Percetakan Kota Semarang mulai mengembangkan usahanya dimana tahun 2009 dan 2010 mengalami kerugian yang cukup besar. Manajemen telah berusaha dengan mengoptimalkan sumber sumber daya yang ada, yaitu Sumber daya manusia , Sarana prasarana produksi , Pemasaran , dan Modal Kerja dari pemerintah kota Semarang  maupun hutang bank.Upaya manajemen tersebut dapat berhasil  menciptakan efisien produksi dan memperluas pangsa pasar sehingga omzet penjualan meningkat.  Perusahaan mulai  tahun 2011 sampai dengan 2017 mengalami perkembangan yang cukup signifikan yaitu dengan memperoleh laba yang semakin baik dan telah memberikan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) kepada Pemerintah Kota Semarang.


Keywords


Laba , Sumber Daya Manusia , Sarana Prasarana , Pemasaran dan Modal Kerja

Full Text:

PDF

References


Aryotedjo, 2005, “Pengaruh Kualitas Jasa, Kepuasan dan Komitmen Pelanggan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Bisnis Retail”, Jurnal Bisnis danManajemen, Vol. 5, No. 2: 223-232

Chandra, Filicia dan Theresia Widyaratna Danny, 2001, “Analisis Kepuasan danLoyalitas Konsumen Terhadap Tingkat Penjualan di Warung Bu Kris”, JurnalManajemen dan Kewirausahaan, Vol. 3, Vol. 2: 85-95.

I Made Bayu Dirgantara, 2006, “Pengaruh KualitasbPelayanan Dalam Tingkat Kepuasan Konsumen Produk Jasa”, Jurnal Bisnis Strategi, Vol. 15, No. 2.

Augusty Ferdinand, 2006, Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen, Semarang: BadanPenerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam, 2006, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Tjiptono, Fandy, 2004, Pemasaran Jasa, Malang: Bayumedia.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, 2005, Service, Quality and Satisfaction, Yogyakarta: ANDI.

Widiyanto, Ibnu, 2008, Pointers: Metodologi Penelitian, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, 1996, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, Mudrajad, 2001, Metode Kuantitatif, Yogyakarta: AMP YKPN.

Margaretha, Moureen, 2004, “Studi Mengenai Loyalitas Pelanggan Pada Divisi Asuransi Kumpulan AJB Bumi Putera 1912”, Jurnal Sains PemasaranIndonesia, Desember, Vol. III, No. 2: 289-308

Marzuki, 2005, Metodologi Riset, Yogyakarta: Ekonisia.

Nugroho, Marno dan Ratih Paramita, 2009, “Analisis Pengaruh Lokasi, Keanekaragaman Barang Terhadap Keputusan Berbelanja dan Loyalitas Konsumen di Carrefour Semarang”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Januari, Vol.10, No. 1

Sugiyono, 2004, Metode Penelitian Bisnis, Alfabetha, Bandung.

Suprapto, Johanes, 2001, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Jakarta: Rineka Cipta.

Tjiptono, Fandy, 1999, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: ANDI.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v20i1.1232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi:

Jurnal Dinamika Sosial Budaya 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.