Akibat Hukum Terhadap Penerapan Klausula Eksonerasi Dalam Perjanjian Baku

Dauri Dauri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti dampak atau akibat hukum dalam penerapan klausula eksonerasi dalam perjanjian baku pada pembukaan rekening tabungan yang dilakukan oleh Bank. Dalam hal ini yang merasakan akibat atas perjanian pembukaan rekeing Bank adalah konsumen atau nasabah. Bentuk atau model perjanjian pembukaan rekening tabungan pada Bank telah dibuat secara tercetak berupa formulir aplikasi pembukaan rekening yang berisi berbagai ketentuan tentang identitas calon nasabah dan syarat-syarat menjadi nasabah Bank. Permasalahan yang akan diabahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah akibat hukum dalam penerapan klausula eksonerasi terhadap perjanjian baku pembukaan rekening tabungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normati, yaitu dengan memperlajari bahan pustaka dan dokumen. Berdasarkan hasil penelitian penulis melihat adanya klausula eksonerasi pada perjanjian baku dalam bentuk aplikasi formulir pembukaan rekening tabungan ini, bertentangan dengan peraturan yang sudah ada, namun jika dilihat dari persfektif Bank, adanya kalusula eksonerasi pada perjanjian baku dalam bentuk aplikasi formulir pembukaan rekening tabungan pada Bank ini dimaksudkan untuk keamanan Bank. Perjanjian baku yang mengandung klausula eksonerasi pada aplikasi formulir pembukaan rekening tabungan di Bank secara yuridis dapat berakibat batal demi hukum karena bertentangan dengan UUPK dan POJK, oleh sebab itu agar bank terhindar dari risiko hukum, maka terhadap formulir pembukaan rekening tabungan yang dibuat dalam bentuk perjanjian baku yang didalamnya mengandung klausula eksonerasi harus diberikan penjelasan kepada nasabah tentang klausula eksonerasi tersebut dan tidak sekedar menyodorkan perjanjian baku untuk dibaca dan ditandatangani.


Keywords


Perjanjian Baku; Rekening Tabungan; Akibat Hukum.

Full Text:

PDF

References


Buku:

Burhan. Ashofa. 2013. Metode Penelitian Hukum, Jakarta: Rineka Cipta.

Miru. Ahmadi . 2008. “Hukum Kontrak Perancangan Kontrak”, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

R. Saliman. Abdul. 2005. “Hukum Bisnis Untuk Perusahaan: Teori dan Contoh Kasus” Kencana Prenada, Jakarta.

Soekanto. Soerjono . 2014. Pengantar Penelitian Hukum, Universitas Indonesia Press, Jakarta.

Simanjuntak. Ricardo. 2011. Hukum Kontrak Teknik Perancangan Kontrak Bisnis. Cetakan II . Edisi Revisi. Kontrak Publishing. Jakarta.

Wiryono R. Prodjodikoro. 2011. “Azas-Azas Hukum Perjanjian”, Mandar Maju, Bandung.

Jurnal Ilmiah:

Novita Ratna Deviani, Analisis Yuridis Kontrak Baku Pembukaan Rekening PT. Dana Reksa Sekuritas Berdasarkan Asas-Asas Hukum Perjanjian dan Pasal 18 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Jurnal Fakultas Hukum: Universitas Brawijaya, Malang, Volume.1, Nomor. 2, Edisi-Desember, Taun 2017, hlm, 90-102.

Olga Tristin Ningrum, Analisis Yuridis Perjanjian Baku Pembukaan Rekening Tabungan Bank Umum Berdasarkan Hukum Perjanjian Dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 1/Pojk.07/2013 Tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan, Jurnal Katolik Parahyangan, Fakultas Hukum, Bandung, Volume. 2, Nomor. 3, Januari, Hlm, 65-77.

Rinrani Patrisia, Pelaksanaan Perjanjian Antara Bank Penerbit Kartu Kredit (ISSUER) Dengan Pemegang Kartu Kredit (Car Holder) Dalam Penggunaan Kartu Kredit (Sudi pada PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Cabang Padang), ADIL: Jurnal Hukum, Volume 9, Nomor,1, Edisi- Apri-November, 2017, hlm, 115-126.

Ainul Wardah, Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penerapan Kontrak Baku Dalam Penetapan Nisbah Bagi Hasil Akad Mudarabah di Lembaga Perbankan Syariah, Jurnal Az-Zarqa’, Volume, 10. Nomor, 2, Edisi Desember 2018, hlm. 188-193.

Peraturan Perundang-Undangan:

Kitab Undang-Undang Hukum Perdata

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor: 1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan.

Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 13/SEOJK.07/2014 tentang Perjanjian Baku.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/humani.v10i1.1852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office : Fakultas Hukum Universitas Semarang

Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Indonesia Telp:024-6702757, Fax: 024-6702272, email : humani@usm.ac.id

View My Stats 

Accreditation Ceritificate

 

 

Follow Me :

@humaniUsm                   @jurnalhumani