VISUALISASI KONSEP PERLAYANGAN GELOMBANG DENGAN MEMANFAATKAN SPREADSHEET EXCEL

Iryan Dwi Handayani, Agus Margiantono, Fahrudin Ahmad

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju telah menghasilkan berbagai macam peralatan canggih yang dapat menunjang terpenuhinya kebutuhan hidup. Oleh sebab itu diperlukan generasi penerus yang pandai dan kreatif. Hal ini yang menyebabkan kebutuhan pendidikan yang semakin tinggi dan permasalahannya semakin kompleks. Pembelajaran tentang gelombang sudah didapatkan sejak duduk di bangku SMP, tetapi pemahaman tentang hal ini masih kurang. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang diberikan komputer, perumusanperumusan gelombang elektromagnetik yang abstrak akan lebih mudah dipahami. Visualisasi dari grafiknya dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk lebih memahami materi yang diberikan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahapan, tahapan yang pertama dimulai dari studi pustaka pendukung terutama yang berkaitan dengan superposisi gelombang. Langkah selanjutnya adalah menurunkan rumusan superposisi dua gelombang dengan variasi frekuensi, amplitudo, dan fase yang berbeda-beda. Tahapan kedua yang dilakukan hampir sama dengan tahapan pertama yaitu studi pustaka, namun cukup dengan memperoleh fungsi gelombang tunggal. Selanjutnya berdasarkan fungsi gelombang dengan variasi frekuensi, amplitudo, dan fase. Proses superposisi gelombang dilakukan dengan cara menjumlahkan data sintetik fungsi gelombang 1 dan 2, menghasilkan data sintetik fungsi gelombang hasil superposisi. Data sintetik ini kemudian divisualisasikan dalam bentuk grafik Penelitian ini menghasilkan visualisasi konsep perlayangan gelombang yang diungkapkan dalam grafik hubungan antara simpangan terhadap waktu dengan frekuensi berbeda, amplitudo dan beda fase yang berbeda.

Kata kunci : perlayangan gelombang, superposisi, spreadsheet


Keywords


perlayangan gelombang, superposisi, spreadsheet

Full Text:

PDF

References


Connery, K.F. 2007. Graphing Predictions Enhancing Higher Order Thinking Skills in Science and Mathematics. Washington: National Academy Press. I Nyoman, S. 2010. Mempelajari Konsep Matematika yang Tersembunyi pada Tabel Perkalian melalui Spreadsheet. JPTK UNDIKSHA. Vol.7(1).1-12. Jan, B., and Sona, C. 2017. Free Fall in Vacuum and in the AirCalculating Limits Using a Real Example and Demonstrating the Limiting Process to High School Students Using Excel. Electric Journal Spreadsheet in Education. Vol 9(3). 1-13. Lau, M.A., dan Kuruganty, S.P. 2010. Spreadsheet Implementations for Solving Boundary-Value Problems in Electromagnetics. Electric Journal Spreadsheet in Education. Vol. 4(1). 1-18. Lau, M.A. 2016. Spreadsheet Implementation of Numerical and Analytical Solutions to Some Classical Partial Differential Equations. Electric Journal Spreadsheet in Education. Vol. 9(1). 1-45. Putri, S., dan Pujayanto. 2015. Media Pembelajaran Menggunakan Spreadsheet Excel untuk Materi Osilasi Harmonik Teredam. Prosiding SNFPF. Vol 6(1). 263269 Sudjana N. dan A. Rifai. 2007. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset. Sutardi. 2010. Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA Berbasis Spreadsheet untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Berkomunikasi Ilmiah. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIV HFI Jateng. 168-179. Tjia M.O. 1994. Gelombang. Solo: Dabara Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/elektrika.v10i2.1168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office: Electrical Engineering Lecturer Room, 7th Floor of Menara USM Building, Universitas Semarang, Jalan Soekarno - Hatta, Tlogosari, Semarang - Central Java Tel:(024) 6702757 Fax: (024) 6702272, Email: elektrika@usm.ac.id

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.